Adab (etika) adalah berhias diri dengan sikap-sikap terpuji dan perilaku-perilaku mulia serta menjauhi sikap-sikap buruk dan perilaku-perilaku hina. 

Ada 3 Macam Adab dan etika, yaitu kepada Allah, Rsulullah dan Kepada sesama Mahluk Hidup 



1. Adab (etika) Kepada Allah

Pada dasarnya seorang Muslim harus melaksanakan penyembahan kepada Allah SWT. Dengan tekad menyempurnakan perkataan dan perbuatannya, juga menghindari kekurangan – kekurangan dan dosa – dosa. 

Seperti Doaa Rasulullah SAW. yang berbunyi :

اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ 

Artinya : ”Ya Allah, Tolong aku untuk menyebut nama-Mu, bersyukur kepada-Mu dan beribadah yang baik untuk-Mu.”(HR. Abu Dawud)

Etika kepada Allah termasuk mengetahui nama – nama dan sifat – sifat-Nya serta mengetahui agama dan syariat-Nya. Termasuk juga beretika terhadap kalam ilahi dan memahami kandungan-kandungan di dalamnya. 

Sebagaimana firman Allah SWT. 

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ ٱلْقُرْءَانَ أَمْ عَلَىٰ قُلُوبٍ أَقْفَالُهَآ 

Artinya :”Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran ataukah hati mereka terkunci?”



2. A
dab (etika) Kepada Rasulullah 

Pada dasarnya adalah berserah diri kepada perintah-perintahnya, mengikuti sunnahnya, dan melaksanakan petunjuknya. Allah SWT. Berfirman, 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تُقَدِّمُوا۟ بَيْنَ يَدَىِ ٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ ۖ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ 

Artinya :“ Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasulnya dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” 

Maksudnya seorang Mukmin tidak boleh menetapkan suatu hukum sebelum ada ketetapan dari Allah dan Rasul-Nya. 

Termasuk beretika kepada Nabi SAW. semasa Hidupnya adalah tidak mengangkat suara melebihi suara beliau. Sedangkan setelah wafatnya, tidaka boleh mengedepankan ide atau akal pikiran dari sunnah dan petunjuk beliau. Abdullah bin mubarak berkata, “Barangsiapa yang meremehkan etika, ia dihukum dengan tidak bisa mengamalkan sunnah. Barang siapa yang meremehkan sunnah, ia dihukum dengan tidak bisa mengamalkan kewajiban. Barang siapa yang meremehkan kewajiban, ia dihukum tidak mendapatkan pengetahuan." 



3. Adab (etika) Kepada Sesama Mahluk Hidup 

Pada dasarnya berinteraksi kepada sesama mahluk harus dengan perilaku yang sesuai dengan mereka, karena segala seusatu berhgantung derajat dan martabatnya. 

a. Etika kepada orang tua : berbakti kepada mereka, berbuat baik, dan mendoakan mereka berdua. 

b. Etika kepada guru : menghormatinya, memuliakannya, belajar darinya, dan mendoakannya. 

c. Etika kepada keluarga : mememenuhi hak – hak mereka dan mengerjakan yang baik dan bermanfaat untuk mereka. 

d. Etika kepada teman : memberi nasehat kepada mereka dan menjaga kehormatan mereka ketika ada atau tiada.

Referensi : Hamid. Ali Hasan Ali Abdul. 2014. Islam Itu Mudah. Solo : Tinta Medina