Bismillah…

Assalamu’ alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh




Hello sahabat Tafa !!!

Alhamdulillah, kita jumpa lagi di web SKI At-tafakkur. Sebelum ana masuk ke bagian inti postingan kali ini, ana mau nanya dulu nih ke ikhwah sekalian, 

“How do you feel, now???”

“Hmm, I hope you always have a feeling good :v”

Karena, walau kita sedang di tengah suasana lockdown, ana harap semangat kebaikan kita tidak seperti itu ya ikhwah. Aamiin.

Ana kali ini akan memberikan sedikit pencerahan (dengan izin Allah SWT) sesuai dengan kapasitas yang ana miliki. Yaitu ana akan membahas salah satu ciri MUSLIM yang dikategorikan BERPRESTASI (PRESTATIF). Ciri tersebut adalah PRODUKTIF. Yang mana, berkaitan dengan bahasan tersebut, SKI At-Tafakkur pada hari ahad lalu (26 April 2020) mengadakan semacam kegiatan diskusi via daring/online yang mengupas tentang hal tersebut. Tepatnya, dibawah koordinasi departemen terkait (departemen Prestasi) melalui program kerja TAYO (Tafa Upgrade Your Ability) kegiatan ini alhamdulillah dapat terlaksana dengan baik. Kegiatan ini diberi nama “Bincang Milenial : BINAMIAL” dengan jumlah peserta terdaftar ada 82 orang dari berbagai penjuru Indonesia, karena kegiatan memang terbuka untuk umum. Namun, didominasi oleh tuan rumah sendiri, hehehe, yaitu mahasiswa/mahasiswi FMIPA, Universitas Mataram, NTB. Tema yang diangkat adalah tentang apa yang disebutkan di atas, yaitu “Produktif : Ciri Muslim Prestatif”. Namun, untuk memudahkan penyampaian dan menyesuaikan dengan kebutuhan maka tema tersebut dipecah kembali dalam dua subtema atau materi yaitu :

Sesi 1 : Antara Kuliah, Organisasi dan Diriku

Sesi 2 : The Secret of Minus 4 Years

Pemateri diambil dari kader SKI At-Tafakkur yang insya Allah dijamin berpengalaman. Beliau adalah akh Dunung (ketua DPO SKI At-Tafakkur 2019/2020) dan akh Gazir (Co. Departemen Kajian SKI At-Tafakkur 2018/2019) yang sekarang keduanya, sama-sama sudah bergelar sarjana Matematika (S. Mat). Barakallahu fiikum.

Berikut adalah sedikit poin-poin dari materi yang telah disampaikan :

Pengelompokan komponen dalam manajemen diri seorang muslim agar produktif dalam menjalani kesehariannya, yang insya Allah bisa menjadi kiat untuk mencapai gelar PRESTATIF. Komponen-komponen tersebut ialah:

1). Manajemen Waktu

2). Manajemen Keuangan

3). Manajemen Aset

4). Manajemen Emosional

Kemudian, mengenai rahasia lulus 3,5 tahun, sang pemateri dalam penyampaiannya memaparkan sebagai berikut :

“Rahasia dan proses-proses bisa lulus dalam waktu 3,5 tahun padahal sudah disampaikan bahwa tidak mungkin untuk lulus 3,5 tahun. Pertama adalah Motivasi, Motivasi yang kuat hingga kita bisa melalui semuanya. Hidup yang berjalan dalam keseharian pastilah teman-teman menemukan "batu-batu sandungan" baik besar maupun kecil yang bisa melunturkan atau bahkan menghancurkan semangat kita. Karena itulah Setiap manusia membutuhkan dorongan positif yang berasal baik dari dalam maupun luar dirinya sehingga kita bisa menyadari keberadaannya dan segala potensi yang ada pada diri dan dapat manfaatkan dengan maksimal. Dengan motivasi itu, seorang individu bisa bertindak dengan tepat untuk mencapai goalnya dan memiliki semangat yang menggebu-gebu untuk mencapai tujuannya. Karena itu motivasi sangat penting bagi kita semua , karena itu merupakan "sumber energi tambahan" kita, yang dapat kita gunakan sewaktu-waktu ketika kita mengalami masalah berat atau menemui "batu sandungan" dalam perjalanan kita menuju kesuksesan. Motivasi diibaratkan sebagai bahan bakar untuk memacu semangat kita dalam menggapai tujuan, dan kesuksesan yang sudah kita impikan dari dulu.”


Penjelasan mengenai empat komponen tersebut dan rahasia-rahasia lain untuk lulus kuliah kurang dari 4 tahun, bisa ikhwah dapatkan dengan membaca notulensi singkat hasil BINAMIAL berikut :




That’s enough yaa ikhwah. Uahh juluuk… 

Afwan jiddan jika ada salah-salah kata. Wa jazakallahu khairan katsir atas kunjungannya ke web SKI At-Tafakkur. 

Jangan bosan-bosan berkunjung yaa sahabat Tafa 

See you in the next topic, insya Allah. Byee.




Wassalamu’ alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh




^^Salam hangat untukmu sahabat dari :

SKI At-Tafakkur

The True Muslim Scientist

Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar